Minggu, 09 Oktober 2011

TAFSIR THABARI (JĀMĪ’ al BAYĀN ‘AN TA’WĪL ĀY al QURĀN)







Kitab berbahasa Arab bisa didownload di sini dalam dua edisi:

1. Terbitan Maktabah Ibn Taymiyah-Kairo, cetakan kedua, penelaah dan pemberi catatan: Mahmud Muhammad Syakir dan Ahmad Muhammad Syakir.
http://www.archive.org/details/TafsirTabariShakir (16 jilid + Mukadimah Penelaah dan Pemberi Catatan).

2.Terbitan bersama Markaz al Buhuts Wa ad Dirasat al ‘Arabiyah Wa al Islamiyah dan Dar Hijr-Kairo, cetakan pertama, tahun 1422/2001, penelaah dan pemberi catatan: DR. Abdullah Bin Abdul Muhsin Atturki.
http://www.archive.org/details/TafsirTabariTurki (26 jilid + Mukadimah Penelaah dan Pemberi Catatan).

Terjemahan bahasa Indonesia diterbitkan oleh Pustaka Azzam, 26 jilid, seharga Rp. 4.676.000 (empat juta enam ratus tujuh puluh enam ribu rupiah).



Kitab karya Abu Ja’far Muhammad Ibnu Jarir ath Thabari ini merupakan induk kitab tafsir, bukan karena masa penyusunannya yang lebih awal, melainkan karena keistimewaan pembahasannya yang belum pernah dilakukan oleh para sarjana sebelum dirinya, yang mana dia telah menghimpun penafsiran para sarjana pendahulu (salaf) dan yang datang belakangan sesudah masa mereka (khalaf).

Sewaktu dia menghimpun riwāyat dan kajian-kajian rasional (dirāyat) di dalam tafsirnya, dia menukil penafsiran dari para sahabat Rasul dan murid-murid mereka hingga orang yang paling akhir meriwayatkannya, dan berusaha sekuat daya memeriksa segi-segi penafsiran mereka secara seksama serta memilah dan memilihnya. Di sini tampak kecemerlangan penguasaannya atas segi-segi redaksi (i'rāb) Alqurān pada bagian-bagian yang para sarjana berbeda pendapat dalam segi i'rab dan segi penakwilannya.

Ibnu Jarir hidup tahun 224 hingga 310 Hijriah, atau kira-kira tahun 838-922.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

kami berharap komentar yang "baik" bagi kami dan kita semua.